Kamis, 31 Januari 2013

Hosting

 HOSTING

    Hosting adalah tempat anda menaruh file – file pembangun website. Bila kita ibaratkan domain adalah alamat rumah anda, berarti hosting adalah tanahnya.
     Istilah hosting sering disebut dengan nama webhosting / webserver / server di dalam dunia internet jadi anda tidak perlu bingung hanya karena beberapa istilah yang berbeda karena intinya tetap sama saja.
    Saat anda menyewa hosting, maka anda hanya diberikan sebuah tanah kosong untuk dibangun. Terserah kepada anda ingin mengisinya dengan apa aja. Pada umumnya orang menyewa hosting untuk menaruh file – file yang kapasitasnya besar, sehingga tidak membebani harddisk dalam komputer pribadi, atau melakukan instalasi script website seperti wordpress. Salah satu contoh nyatanya adalah website saya www.PabrikHelm.com menggunakan shared hosting dari hostgator.
  • PEMBAGIAN HOSTING

Berdasarkan kapasitasnya, hosting terbagi menjadi 3 kategori besar:

1. Shared Hosting

     adalah paket webhosting yang memberikan space / ruang kepada anda untuk menempatkan file – file anda dan juga melakukan instalasi script website. Dinamakan shared karena 1 sumber daya server (server resources) digunakan secara bersama – sama oleh beberapa pengguna hosting selain anda.
       Dikarenakan anda berbagi space / ruang kepada beberapa pengguna hosting lainnya, maka sumber daya server (resources server) yang anda miliki menjadi terbatas. Contoh sederhananya seperti ini: anda menginstal website di sebuah shared hosting, dimana 10 orang lainnya juga menginstal website di hosting yang sama. Suatu ketika salah satu pengguna hosting si “A” kebanjiran pengunjung ke dalam websitenya, otomatis website si “A” membutuhkan sumber daya server (resources server) yang sangat besar dan langsung menarik atau menggunakan  space / ruang yang tersedia sehingga bisa saja saat itu website anda menjadi agak pelan aksesnya karena spacenya cenderung tersedot oleh si “A”.
Untuk tahap awal, saya merekomendasikan anda untuk menyewa shared hosting untuk membangun sebuah website karena biayanya yang sangat terjangkau (bergantung dari penyedia layanan hostingnya karena besarnya space yang diberikan juga berbeda – beda) dibandingkan dengan VPS hosting dan juga dedicated hosting

2. VPS (Virtual Private Server) Hosting

          adalah paket webhosting yang memiliki kapasitas lebih tinggi daripada shared hosting dimana satu server digunakan secara bersama – sama oleh beberapa pengguna yang jumlah orangnya dibatasi, dan setiap pengguna memiliki lingkungan sistem operasi virtualnya sendiri – sendiri seperti kapasitas RAM dan CPU yang sudah fixed layaknya sebuah laptop tersendiri. Kelebihan dari VPS adalah anda sebagai pengguna dapat menggunakan kapasitas server yang telah diberikan secara maksimal tanpa perlu kuatir sumber daya server anda akan tersedot oleh pengguna hosting lainnya.
         Pada prakteknya, VPS hosting lebih sering digunakan untuk menjalankan sebuah software khusus yang memerlukan kapasitas server tertentu, dimana kita install software tersebut di dalam VPS dan menjalankannya selama 24 jam penuh tanpa berhenti. Contohnya pada kasus saya dimana saya menyewa  2 VPS dengan kriteria khusus untuk menjalankan 2 buah software untuk kepentingan  SEO (Search Engine Optimization) selama 24 jam penuh dan melakukan pengamatan setiap 2 hari sekali untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

3. Dedicated Hosting (Dedicated Server)

              adalah tingkatan webhosting yang tertinggi dimana 1 server hosting hanya dimiliki penuh oleh satu pengguna dan tidak dibagikan kepada pengguna lainnya. Anda sebagai pengguna hosting berhak untuk mengajukan spesifikasi server yang diinginkan secara detail, yang kemudian server anda akan ditempatkan pada sebuah data center. Anda akan membutuhkan fasilitas dedicated hosting ini ketika website anda sudah memiliki pengunjung dalam jumlah yang sangat banyak sekali dan juga kebutuhan download dan upload yang sangat besar di dalam website anda.
                  Untuk kebutuhan awal membangun sebuah pabrik online, anda hanya memerlukan fasilitas shared hosting saja dan ketika website anda telah berkembang pesat, anda dapat melakukan upgrade hosting ke tingkatan yang lebih tinggi untuk menghemat biaya di awal anda memulainya persis seperti yang saya lakukan.

  • CARA MEMBELI HOSTING

           Seperti layaknya domain, tempat kita membeli hosting juga ada bermacam – macam akan tetapi saya hanya akan merekomendasikan tempat hosting yang sudah terbukti bagus dari segi kualitas, pelayanan dan juga harga yang diberikan. Tempat hosting yang saya gunakan dari pertama kali saya memulai sampai detik ini adalah www.hostgator.com.

1 komentar:

  1. di coba ke ke server lokal gan
    coba ke bandunghosting.net dijamin makyus lo gan

    BalasHapus